Tanggapan

Ada banyak tanggapan, pandangan, opini masyarakat terhadap kedua tokoh Sulawesi Selatan ini. Setidaknya, pemimpin yang dikenal masyarakat lebih suka keluar masuk kampung menemui warganya ketimbang duduk manis di belakang meja menerima laporan dari bawahannya. Betapa tidak, tak jarang Rudi –sapaan akrab Bupati Sinjai dua perioder Andi Rudiyanto Asapa– kerap masuk rumah warga hingga ke dapur hanya untuk mengetahui kehidupan warganya. Tak segan-segan pula ia ikut makan bersama warga yang ditemuinya. Tentu masih banyak lagi komentar masyarakat terhadap dua sosok yang bersahaja namun berkarakter pemberani dan petarung sejati, Rudi dan Nawir.

Seperti apakah komentarnya? Berikut petikannya:

Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto menegaskan bahwa Andi Rudiyanto Asapa adalah Pemimpin yang Merakyat

“Andi Rudiyanto Asapa adalah sosok yang tidak asing lagi bagi saya. Beliau adalah sosok pemimpin daerah yang sangat dekat dengan rakyatnya. Sosok pribadi yang telah memberikan pengabdian kepada masyarakat khususnya Kabupaten Sinjai dan masyarakat provinsi Sulawesi Selatan sebagai seorang bupati yang memiliki pemikiran dan kebijakan yang banyak memihak kepentingan rakyatnya.”

Sebagaimana yang tertuang dalam buku Advokat Jadi Birokrat, Jejak Langkah Andi Rudiyanto Asapa.

“Andi Rudiyanto Asapa adalah pribadi yang memiliki dedikasi, integritas dan semangat yang tinggi memperjuangkan gagasan beserta aplikasinya di masyarakat. Selain itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Selatan ini adalah orang yang dikenal santun, jujur dan selalu rendah hati. Seseorang yang berkarakter inilah yang saya kenal lama dan tidak pernah berubah sedikit pun dari dulu hingga kini. Alasan ini jugalah yang menjadikan saya mempercayakan Partai Gerindra di Provinsi Sulawesi Selatan kepada beliau sebagai panglimanya.”

kata Prabowo Subianto dalam sambutannya yang dimuat dalam buku Advokat Jadi Birokrat, Jejak Langkah Andi Rudiyanto Asapa yang ditulis oleh wartawan senior Burhanuddin Bella.

Pengacara senior, sekaligus pendiri Yayasan LBHI, Adnan Buyung Nasution menegaskan  bahwa Andi Rudiyanto Asapa adalah sosok Advokat Pejuang dan Politisi Berintegritas.

Sepak terjang Rudi dan LBH Makassar dalam melakukan pembelaan pada rakyat keciul itu kerap “memusingkan” aparat dan pemerintah daerah. Rudi sebagai advokat pejuang memimpin LBH Makassar untuk selalu tampil paling depan memperjuangkan keadilan tanpa gentar dan tak kenal kompromi.

Professor Hukum Tata Negara di Melbourne Law School, University of Melbourne, Australia menuturkan,

“Ketika mendengar keputusannya untuk maju ke kancah politik praktis, saya sempat mempertanyakan pilihannya itu. Saya sama sekali tidak memiliki keraguan mengenai visi-misi dan kemampuan politiknya, namun saya justru memiliki kekhawatiran jika lingkungan dan pergaulan di politik praktis akan mengubah pribadinya. Ketika memperoleh kabar bahwa Rudi akhirnya terpilih menjadi Bupati Sinjai, di satu sisi saya bahagia dan bangga, namun di sisi lain saya masih tetap menyimpan kekhawatiran. Seiring waktu, ketika Rudi mulai bisa membuktikan bahwa ia mampu menjadi pejabat yang berintegritas dan merakyat, kekhawatiran saya itu mulai sirna.

Dalam pengantarnya di buku Advokat Jadi Birokrat, Jejak Langkah Andi Rudiyanto Asapa, Buyung menegaskan saat ini Rudi dipandang oleh berbagai kalangan sebagai kandidat potensial untuk menduduki jabatan Gubernur Sulawesi Selatan.

“Bayangan saya saat itu Rudiyanto adalah manusia yang senantiasa bahkan mungkin seumur hidupnya akan mengenakan jubah hitam dan berada di ruang-ruang sidang pengadilan,”

kata Burhanuddin Bella, wartawan senior sekaligus penulis buku Advokat Jadi Birokrat, Jejak Langkah Andi Rudiyanto Asapa yang mengaku telah mengenal Rudiyanto Asapa jauh sebelum akhirnya memutuskan beralih profesi dari seorang advokat dengan jubah hitamnya ke dunia birokrat.

Dalam buku tersebut, Burhanuddin banyak mengungkapkan sisi-sisi ‘liar’ Rudiyanto Asapa yang suka melawan arus dan kritis terhadap kebijakan pemerintah semasa ia masih menjadi demonstran, kemudian saat menjadi advokat.

“Rudiyanto Asapa orang yang berani, kritis, dan terkenal suka melawan arus saat masih hidup di ‘jalanan’ sebagai demonstran.”

Di mata mantan aktivis Makasssar tahun 1998, Isratul Saenal, sosok Rudiyanto Asapa merupakan advokat dan politisi yang tetap konsisten dengan sikapnya.

Karakter seorang Rudiyanto, jika sesuatu itu benar, maka hal tersebut harus dibenarkan. Namun jika itu salah, maka itu pun harus disalahkan. Rudiyanto bukan tipe manusia yang suka memutarbalikkan fakta.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, Dr Firdaus Muhammad menilai:

“Figur Rudiyanto Asapa tidak bisa disangsikan sebagai calon gubernur Sulsel. Selain memiliki pengalaman sebagai bupati dua periode, dia juga cukup sukses membangun Sinjai dengan melahirkan banyak program yang peduli kemasyarakatan.”

Dalam pandangan pengusaha nasional, Hashim Djojohadikusumo, sosok Andi Rudiyanto Asapa adalah pemimpin yang berorientasi pada kebutuhan rakyat.

“Eksistensi seorang pemimpin sangat ditentukan oleh kepekaannya terhadap kebutuhan orang-orang lain yang dipimpinnya sebagai manusia utuh. Mengetahui kebutuhan mereka adalah sebuah strategi penting yang akan menjadi kunci keberhasilannya untuk menggerakkan orang-orang tersebut mencapai tujuan sehingga kepemimpinannya menjadi bermakna. Dan karakter pemimpin seperti ini ditemui dalam diri Andi Rudiyanto Asapa.”

Sebagai seorang Pancasialis dan pecinta budaya Indonesia, putra begawan ekonomi Indonesia, Soemitro Djojohadikusumo ini berharap,

“Gaya kepemimpinan Rudiyanto Asapa dapat menjadi inspirasi serta motivasiu bagi siapaun yang ingin menjadi pemimpin yang mau melihay dan melakukan kepemimpinannya sebagai amanah untuk mencapai tujuan bersama dengan tetap peduli pada kebutuhan orang yang dipimpinnya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s