Kekayaan Andi Rudiyanto Asapa sebagai Bupati yang Terus Berkurang

andi rudiyanto

Biasanya dan sudah menjadi rahasia umum, pundi-pundi kekayaan seseorang akan terus melonjak naik, ketika menjadi pejabat, baik di daerah maupun pusat pemerintahan. Namun hal itu tak berlaku pada sosok Andi Rudiyanto Asapa, seorang Bupati Sinjai, Sulawesi Selatan. Pasalnya, dari kekayaan yang dimilikinya sebelum menjabat sebagai Bupati, kini tinggal setengahnya saja.

Dari tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2013, ternyata Andi Rudiyanto Asapa adalah kandidat paling kaya. Harta kekayaan Rudiyanto yang dilaporkan KPK mencapai Rp 34,2 Miliar. Namun, berbeda dengan kandidat lain yang rata-rata bertambah kaya setelah menjadi pejabat, kekayaan Rudiyanto justru terus menurun semenjak ia menjabat sebagai Bupati Sinjai tahun 2003.

Tahun 2003, ketika  menjadi Bupati terpilih di Sinjai periode pertama, kekayaan Andi Rudiyanto Asapa mencapai angka Rp 64 Miliar. Kemudian pada tahun 2008 memasuki periode kedua kepemimpinanya di Sinjai, kekayaan Rudiyanto malah turun menjadi Rp 40,5 Miliar. Dalam kurun waktu 9 tahun atau selama ia menjabat sebagai Bupati Sinjai, kekayaan Rudiyanto Asapa menurun sekitar Rp 30 Miliar. Dari rincian kekayaanya, harta Rudi paling banyak tercatat dari warisan, dan piutang kepada orang lain.

Hal itu menunjukan selama menjadi pejabat, Rudiyanto Asapa tidak menumpuk kekayaan. Ketika ditanya kenapa hartanya makin menurun, Rudiyanto Asapa mengatakan bahwa, sejak menjadi Bupati ia harus meninggalkan profesinya sebagai Lawyer. Padahal sebagai Lawyer, Rudiyanto saat itu sudah masuk dalam jajaran atas Lawyer dengan bayaran termahal. Rudiyanto Asapa juga salah satu Lawyer Indonesia yang bisa beracara di luar negeri, sehingga banyak klien nya berasal dari perusahaan-perusahaan besar. Rudi meninggalkan profesi yang menghasilkan pundi-pundi uang, untuk mengabdikan diri pada masyarakat.

Sementara kandidat lain, Ilham Arief Siradjudin kekayaanya yang dilaporkan KPK senilai Rp 11,9 Miliar.  Menurut data yang dilansir Tribun Timur, kekayaan Ilham pada tahun 2007 sebesar Rp 2,5 Miliar dan pada 2008 tercatat Rp 6,7 Miliar. Berarti dalam waktu 5 tahun kekayaan Ilham naik sekitar Rp 9 Miliar. Calon gubernur petahana, Syahrul Yasin Limpo, kekayaanya yang dilaporkan Rp 12,1 Miliar.  Angka tersebut juga naik cukup tinggi, pada tahun  2007 harta Syahrul hanya Rp 3 Miliar dan naik menjadi Rp 8,8 Miliar pada tahun 2009. Dalam kurun waktu 5 tahun harta Syahrul juga naik sebesar Rp 9 Miliar.

Menanggapi pengumuman harta kekayaan para Cagub, dalam satu kesempatan Rudiyanto Asapa mengatakan, “Ternyata saya dan Pak Nawir masih lebih kaya. Tapi kalau lihat balihonya, ada calon yang sampai tiga dalam satu pohon,” ujar Rudi tertawa.

“Saya tidak mau buruk sangka itu uang dari mana, tapi bukan baliho yang memilih pemimpin,” pungkas mantan Ketua LBH Makassar ini.

Sumber: Situs Sayap Garudana

This entry was posted in Jejak Langkah, Kisah Nyata, Profil, Rekam Media and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s